Thursday, February 24, 2011

9 Teknologi Transportasi Paling Aneh Di Dunia

Memangmenemukan sebuah ide tidaklah mudah, bahkan inovasi-inovasi terbaikyang ada di dunia ini berasal dari ide-ide yang sangat konyol, ThomasEdison banyak dicaci oleh orang-orang sekitarnya sebelum ia menemukanbola lampu.

Wrightbersaudara banyak ditertawakan oleh para penonton yang menontonpercobaan mereka untuk terbang. Diperlukan keteguhan untuk merubah polapikir orang banyak. Berikut ini adalah ide-ide inovatif dari parapenemu yang mungkin saat ini terlihat konyol.

1. Mobil Roda 3
PenemuanSepeda Roda 3 sangatlah jenius untuk menjaga agar anak-anak tidakterjatuh dari sepeda mereka. Namun apakah ide yang sama dapatditerapkan juga pada sebuah mobil? Hmm, pernah nonton film Mr. Bean?pasti ingat musuh bebuyutannya, sebuah mobil berjenis Reliant Robin.


Tidak perlu seorang insinyur untuk menilai, kalau jenis mobil tersebut sangatlah labil, apalagi dalam mengambil tikungan tajam.

Semuabeban mobil bagian depan harus diseimbangkan oleh sebuah roda. Apalagikalau tikungan tersebut dilakukan dengan kecepatan tinggi.

Kesimpulannya,orang yang berminat atas mobil tersebut harus memiliki rute yang luruske tempat kerja sehari-hari, dan tidak pernah tergesa-gesa, meskipunurusannya darurat.

2. Sinclair C5


Kalauyang ini lebih mirip lagi dengan sepeda roda 3. Dijelaskan sendirisecara gamblang di dalam website mereka, “Sinclair C5, sebuahmalapetaka pemasaran.

Media menyebutnya sebagai lelucon. Dari 12 ribu unit Sinclair, sebagian besar dibuang ke luar negeri.

3. Toyota Personal Mobility Concepts


Toyota yang telah berkembang dan menguasai pasar otomotif dunia, kini berniat menguasai pasar kursi roda di masa depan.

i-unit, i-swing, dan terakhir i-real, merupakan produk yang menurut Toyota sendiri tidak memiliki point pejualan.

Apalagiukurannya yang memakan ruang parkir hampir seukuran sebuah mobil,kecepatan maksimum hanya 20 mph, dan tidak memiliki sistim keamananapapun untuk pengendaranya.


Memang ide untuk mengembangkan suatu kendaraan dengan jumlah roda yang ganjil cukup menjadi bahan lelucon.

4. Kendaraan Beroda Satu


Iniadalah Audi Snook, sebuah kendaraan beroda satu yang dipasangi mesin.Mskipun hanya baru konsep, tetapi konsep ini telah mendapatkanpenghargaan beberapa kali.

Meskipunkendaraan ini dapat berdiri secara seimbang apabila dalam keadaanberhenti, anda tidak akan mau berada di dalamnya ketika angin kencangtiba-tiba bertiup.

Coba kita bayangkan, ada dua atau beberapa Snook yang saling bertabrakan tentu sangatlah menggelikan.

5. Railplanes (Kereta Terbang)


Inisebenarnya adalah sebuah proyek yang sudah ditutup. Tetapi idenyasendiri masih berkembang hingga saat ini. Pada dasarnya kereta terbangadalah sebuah kereta api yang dipasangi baling-baling di bagian ekornya.

Pada masa 1930an, pesawat adalah kendaraan yang paling cepat dan kereta api adalah kendaraan dengan daya angkut paling banyak.

Bagaimanamenggabungkannya adalah ide yang paling konyol, karena tanpamenghiraukan prinsip aerodinamis, kereta api yang tidak memilikikeseimbangan akan hancur berantakan ketika baling-baling tersebutdigunakan, belum lagi masalah keamanan, baling-baling sebesar itu dalamsebuah kendaraan darat.

ilustrasi

6. Kendaraan Berkaki


Karenaketerbatasan roda yang hanya efektif di permukaan datar dan denganmaksud meniru sistim kerja kaki manusia yang dapat berjalan di segalamedan, dibuatlah proyek kendaraan berkaki.

Disponsorioleh militer, kendaraan berkaki banyak menghabiskan banyak sekali danadan sejauh ini yang bisa dibuat adalah “Walking Truck”. sebuahkendaraan yang sangat susah dikendalikan, belum lagi tingkatkecepatannya yang sangat lambat.

7. Mobil Tenaga Nuklir


AdalahFord Nucleon, yang memiliki konsep dengan tenaga nuklir. Diusulkan olehFord pada tahun 1958, ketika pengetahuan tentang dampak nuklir masihsangat sedikit.

Didesaindengan menempatkan reaktor di belakang dan kabin penumpang di depanagak jauh daripada mobil biasa untuk melindungi pengendara dari radiasi.


Konyolnya tanpa menyadari kalau terjadi tabrakan dari arah belakang, akan terjadi ledakan nuklir.

8. Bis Layang


Bisyang merupakan moda jalan raya yang dapat menampung penumpangterbanyak, memiliki kekurangan dengan ukurannya yang terlalu banyakmakan tempat di dalam jalur lalu lintas.

Olehkarena itu, insinyur-insinyur di China membuat sebuah konsep bis yangberjalan di ketinggian, melewati berbagai macam kemacetan di jalan raya.


Pemerintah China sangat serius mengembangkan ini, bahkan direncanakan akan beroprasi di 2011 dekat ini.

9. Mobil Terbang


Ideakan sebuah mobil terbang sejak dahulu sangatlah populer. Bagaimanatidak, sebuah mobil yang bisa terbang tidak akan menemukan kemacetan,polisi, atau pedagang asongan di perempatan. Tetapi untuk mewujudkannyaadalah hal yang sangat menyedihkan.

Sejauhini sebuah mobil terbang yang dibuat hingga mendapatkan penghargaanoleh Majalah Times sebagai penemuan terbaik 2010 adalah Terrafugia yangpada dasarnya adalah sebuah pesawat dengan 4 roda seperti mobil.

Tentumembutuhkan sebuah landasan pacu untuk terbang. Artinya, sebuah jalanpanjaaaaang dan mulus tanpa hambatan agar Terrafugia dapat terbang, danmendarat. Lalu apa bedanya dengan pesawat terbang capung?



sumber :http://unik4u.blogspot.com/2011/02/9-teknologi-transportasi-yang-aneh-tapi.html

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive