Thursday, February 24, 2011

10 Daftar Produk Gagal Terbesar yang Ditarik dari Pasar

TOYOTA
Align Left
Toyotaprodusen terbesar otomotif di Dunia pada akan menarik 4,1 jutakendaraan yang telah dijual di Amerika dan di Eropa untuk memperbaikikesalahan dalam proses gas pedal yang berpengaruh pada akselearsi yangtidak diinginkan. Padahal pada bulanNovember perusahaan tersebut telah menarik ( recall) sebanyak 5,3 Jutakendaraan terkait dengan masalah pada floor mat yang mengganjal pedalgas. Total penarikan ( recall) akibat kesalahan atau failure yangberhubungan dengan pedal jadi berjumlah sekitar 9 Juta unit di seluruhdunia.
TAMBAHAN: Sedangkan pesaingnya Honda pada bulan Januari ini direncanakan akanmenarik 646,000 Honda Jazz,Fit dan Cities untuk memperbaiki kesalahanpada sistem window-nya.
Simplicity Cribs [Ranjang Bayi]

Lebihdari 400,000 unit ranjang bayi bermerk Simplicity di tarik dari pasaryang diakibatkan oleh kematian bayi berumur 8 bulan. Penyebabnya adalahsebagian part produk yang di produksi di China mempunyai kelemahan padakekuatan materialnya yang gampang patah yang membahayakan bagi sangbayi. Kejadian ini bukan yang pertama kalinya, pada bulan September2008 perusahaan telah menarik 600,000 unit produk yang sama dan pada2007 sebanyak 1 juta unit.
Kasus Produk Susu Bermelamin China

Masihingatkah Anda tentang berita heboh penarikan susu produk China yangbermelamin. Pada tahun 2008, produsen susu terbesar di China menarik700 ton produk susu formula dari pasaran akibat kematian seorang anakdan laporan 50 anak yang bermasalah dengan organ hatinya. Dua orangyang bertanggung jawab terlibat telah dihukum mati akibat kejadiantersebut. Kejadian ini bukan yang pertama kali. Pada bulan Maret 2007FDA ( BPPOM-nya AMERIKA) menarik 60 juta kaleng makanan kucing dananjing yang diakibatkan kematian 14 ekor hewan peliharaan. Produkmainan yang berasal dari China juga ditrik karena mengandung bahankimia berbahaya.
FORD PINTO

Padaera 70-an Ford PINTO menarik 1,5 Juta produknya dari pasaran akibatkesalahan produksi tanki bahan bakar. Kesalahan atau cacat produksi iniberpotensial membahayakan penggunanya dikarenakan apabila terjadikecelakaan, tanki bahan bakar akan mudah terbakar dan meledak. Akibatkasus tersebut pada tahun 1981 Ford PINTO tidak lagi diproduksi.
Ban Produksi Bridgestone/Firestone Inc.

Padatahun 2000 Bridgestone/Firestone Inc telah menarik 6,5 Juta produkBan-nya. Salah satu dari penarikan part produk otomotif berbahayaterbesar di dunia. Penarikan tersebut diakibatan karena kecurigaan ataskematian 175 orang dan 700 korban luka-luka akibat pecah ban.
Produsenpesaingnya Goodyear juga mengalami masalah yang pada produk ban-nyayang berhubungan dengan kecelakaan yang mengakibatkan kematian 15 orangdan 120 orang luka-luka.
Daging Bermasalah

PadaFebruari 2008, Departemen Pertanian Amerika menarik 143 juta pon dagingsapi dikarenakan proses pemotongannya tidak memenuhi standar. Hewanyang dipotong merupaka hewan yang sakit dan dikhawatirkan menularkanpenyakit bagi yang mengkonsumsinya.
Selai Kacang yang Terkontaminasi.

Padatahun 2008 terjadi kasus kontaminasi Salmonela yang mengakibatkankematian 8 orang dan ratusan lainnya menjalani perawatan. Akibat darikejadian tersebut dilakukan penyelidikan terhadap produk yang berasaldari Peanut Corp. of America dan hasilnya pabrik di Barkley-lah yangterkontaminasi Salmonela. Dalam penyelidikan perusahaan tersebutdinyatakan bankrut dan proses hukum terhadap yang bertanggung jawabmasih tertahan.
Tragedi Tylenol

Padatahun 1982, 7 orang di Chicago meninggal setelah mengkonsumsi obatTylenol yang tercampur dengan POTASIUM SIANIDA yang menyebabkankepanikan di seluruh kota. Yang berdampak bagi produsennya Johnson& Johnson untuk menghabiskan jutaan dollar dalam rangka menarikproduk tersebut dari pasaran.
Merck’s Vioxx

Pada30 September 2004, produsen farmasi MERCK mengumumkan menarik produkobat Vioxx dari seluruh dunia. Hal ini merupakan pencegahan dari hasilstudi yang menggambarkan bahwa produk tersebut berpotensi menimbulkanefek serangan jantung dan stroke. Atas kejadian tersebut perusahaanmengkompensasikan sebesar 4,85 Milyar Dollar bagi orang yang terkenaefek obat tersebut.
Abbott’s Gonorrhea Test Kit

Perusahaan farmasi raksasa Abbott Laboratories Inc, menarik 750,000produk test kit gonorrhea (penyakit kelamin), di karenakan kesalahandalam memberikan hasil testnya. Untuk itu disarankan agar penggunanyamelakukan test ulang untuk periode 2 tahun terakhir. Akibatnyaperusahaan tersebut memberikan kompensasi kepada pihak yang merasadirugikan atas kegagalan produk tersebut



 


sumber: http://samudro.wordpress.com/2010/02/19/10-daftar-produk-gagal-terbesar-yang-ditarik-dari-pasar/

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive