Thursday, February 24, 2011

11 Pimpinan Militer Paling Buruk di Sepanjang Sejarah

Dalamperang, ada pemenang dan pecundang. Kadang-kadang pasukan dikalahkankarena mereka hanya menghadapi musuh yang lebih besar dan lebih kuat.Lainwaktu mereka kalah karena beberapa taktik dan keadaan aneh yang tidakseorang pun bisa meramalkan, atau karena mereka benar-benar dikalahkanoleh musuh yang licik.
Kadang-kadangpasukan bahkan kalah karena cuaca buruk (seperti yang terjadi padaarmada Mongol Kubilai Khan di 1281 Masehi, yang hancur oleh topan saatmencoba untuk menyeberang selat sempit antara Korea dan Jepang.) Namun,ada juga kekalahan akibat semata-mata ketidak mampuan seorang pemimpin.
Tentusaja, bahkan seorang pemimpin militer yang baik dapat mengalami hariyang buruk. Dengan demikian, daftar ini bukan tentang pemimpin yanghanya kalah perang, tapi mereka yang mengalami kekalahan karenakecerobohan dan ketidak cakapan sang pengatur taktik.
Beberapadi daftar ini karena mereka dianggap sebagai orang yang jauh lebihmampu daripada sejarah menunjukkan mereka telah, dalam kata lain,selain pemimpin terburuk, daftar ini juga berisi pemimpin yang palingberlebihan, yang tidak layak mendapat gelar sebagai pemimpin,
inibukan daftar Jenderal saja, tetapi beberapa di antaranya bahkan mungkinbukan dari kalangan militer, yang menjadikan keputusan yang merekaambil menyebabkan bencana untuk tentara mereka .
disini adalah daftar sepuluh pemimpin yang paling tidak kompeten,berlebihan, atau hanya pemimpin militer yang beruntung mendapat jabatanyang tidak sesuai dalam sejarah.
11. Field Marshall Bernard Montgomery, Inggris
Diatidak benar-benar seorang komandan lapangan yang buruk.Bahkan, ia salahsatu cukup yang cukup bijak. Satu-satunya alasan dia dalam daftar iniadalah, seperti Macarthur dari Inggris, dia juga mungkin menjadi salahsatu komandan yang berlebihan pada Perang Dunia II .
SedangkanMonty dikreditkan-dan memang seharusnya begitu-untuk kemenangan di ElAlamein, Mesir pada bulan Oktober 1942, harus diingat ia berjuangmenghadapi korps pasukan Jerman Afrika yang lelah dan sudah patahsemangat yang kekurangan dukungan udara yang signifikan saat badaipasir.
Inggrisdan sekutu mereka, sebaliknya, Rommel kalah jumlah besar-besaran dihampir setiap kategori, membuat kemenangan yang tertunda beberaparantai yang luar biasa peristiwa-akhirnya tak terelakkan.
Sayangnya,tidak seperti para pendahulunya, Monty memilih untuk tidakmenindaklanjuti kemenangannya dengan mendorong Jerman keluar dariAfrika segera,ia menunggu sampai dengan bulan Mei tahun 1943 yangakhirnya mencapai apa yang seharusnya sudah dilakukan bulan sebelumnya.Tapi Mesir bukan masalah nyata Monty.
Yangdatang kemudian, pertama dengan rencana pendaratan berlebihan diSisilia (pasukan Patton mengalahkan Angkatan Darat Inggris dibawahpimpinan monty untuk Messina meskipun mereka dua kali lebih sedikitjumlahnya), diikuti dengan upaya menyedihkan untuk menangkap Caen,Perancis pada Hari-H.
(Kotaini tidak diambil hingga 18 Juli 1944, enam minggu setelah pendaratanpertama.) Lalu ada Operasi Markey Garden pada bulan September 1944,upaya untuk mengambil tiga jembatan utama di Belanda yang akan membuatpelarian ke dalam Lembah Ruhr memungkinkan .
Idebagus, tetapi cukup buruk dalam penerapan, dan hasilnya 6.000 pasukanInggris di Arnhem menyerah dan jalan buntu sementara yang berlangsungsampai musim semi berikutnya. Monty punya taktik bagus, hanya saja iacenderung terlalu takut ketika dia harus lebih agresif, dan terlaluagresif ketika kondisi mengharuskannnya bertahan.
10. Field Marshall Erwin Rommel, Germany
Iniadalah hal yang paling kontroversial sehingga mudah dipilih sebagaidaftar,karena sebuah peristiwa"Desert Fox" .Dalam pembelaan saya, sayatidak berpendapat bahwa Rommel adalah seorang jendral yang buruk.
Bahkan,mengingat keadaan ia harus berurusan dengan-kurangnya pasokan, kondisiyang berat, yang terus-menerus kalah jumlah-dia melakukan pekerjaanyang luar biasa dikatakan sebagai kesusksesan Jerman -atau, palingtidak, Jendral yang paling populer.
Plus,fakta bahwa ia terlibat dalam komplotan untuk membunuh Hitler-meskipunsangat terlambat dalam permainan-membuatnya menjadi pahlawan bagi keduabelah pihak. Namun, dalam hal pencapaian aktual, mungkin tidak cukupuntuk mengangkat reputasinya.
Sementarakomandan agresif dan mampu, ia cenderung kasar, tidak toleran,unteachable dan mendekati ke titik kenekatan, yang mungkin salah satualasan ia dikalahkan oleh Inggris di Afrika Utara tidak hanya sekali,tetapi dua kali (pertama kalinya di tangan Inggris Jenderal Auchinleck,kedua kalinya oleh Montgomery) dan akhirnya mendorong pasukan JErmankeluar dari benua itu.
Setelahdia diberi tugas untuk mengamankan garis pantai Perancis dari invasisekutu (Tembok Atlantik) ia mengawasi pembangunan bunker penghalanghebat dan emplacements pistol untuk mencegah kedatangan sekutu dipantai Normandia pada tanggal 6 Juni 1944 untuk sekitar setengah jamatau lebih, dengan demikian menunjukkan kesia-siaan tergantung padapertahanan tetap untuk menghentikan invasi (pelajaran Jerman harusingat dari upaya sia-sia Prancis untuk memegang Garis Maginot padatahun 1940).
Jelas,tidak semua kesalahan ini murni kesalahan Rommel saat ia memang harusbekerja di bawah keterbatasan yang ditetapkan kepadanya oleh derFuehrer , tapi ketika seseorang menganggap reputasinya yang mendekatilendaris, tampaknya ia seharusnya mampu berbuat lebih banyak untukmenghentikan invasi sekutu di Perancis.
9. Admiral Gunichi Mikawa, Jepang
Iniadalah kasus di mana seorang komandan berhasil menikmati kemenanganbesar, sebelum segera menyia-nyiakan kesempatan berharga yang diberikankepadanya. Laksamana Mikawa dari Jepang dikenal karena kecerdasan danpenilaian yang baik ketika ia diasumsikan komando armada 8 Jepang diRabaul pada bulan Juli 1942.
Hanyasebulan kemudian, dia memimpin armada yang sama untuk salah satukemenangan terbesar angkatan laut Jepang di Perang Dunia Kedua ketika,selama malam 08-09 Agustus 1942, ia menyelinap ke perairan Guadalcanaldan mengirim empat kapal sekutu penjelajah ke arah dalam waktu hanyasatu jam.
Dalammelakukannya, ia meninggalkan Marinir di Guadalcanal tanpa perlindunganlaut dan membawa jangkar ke pantai. Namun, seperti halnya kemenanganyang telak-dan pelucutan pasukan Amerika di Guadalkanal-, Admiral initanpa sebab yang yang jelas segera menghentikan serangan itu dan pulangke rumah, sehingga menyelamatkan Angkatan Laut AS dari penghinaan lebihlanjut dan kehancuran.
Laki-lakiitu menunjukkan sedikit lebih agresif dengan menenggelamkan kapal-kapalyang agak rusak, sehingga pihak AS akan terpaksa mengungsi ke KepulauanSolomon dan perang akan menjadi lebih panjang, selama hampir satu tahun.
Iadikritik oleh atasannya untuk kemoloran waktu, dia dimutasi ke jabatandan peran yang lebih kecil selama sisa perang sampai ia dipaksa pensiunoleh Angkatan Laut Jepang pada Juni 1945, tiga bulan sebelum perangberakhir.
Bukan seorang perwira yang buruk, tapi seorang perwira dengan waktu yang buruk.
8. Saddam Hussein, Iraq
Orangtidak biasanya berpikir tentang Jagal dari Baghdad sebagai pemimpinmiliter (meskipun dia suka memakai seragam), tetapi untuk dua puluhempat tahun ia menyebut tembakan di Irak.
SepertiHitler (lihat No 1) setiap operasi militer itu diawasi oleh dia secarapribadi dan dengan sangat rinci, meskipun, sekali lagi seperti Hitler,ia mempercayakan operasi taktis sehari-hari kepada sekelompok pasukantidak cakap yang lebih setia daripada dengan kelompok yang cakap danahli di medan tempur
Pertimbangkanbahwa selama pemerintahannya, Saddam mengawasi tiga konflik besar(invasi ke Iran dan Teluk Persia I & II) konflik menyeret Iranselama 8 tahun sebelum Saddam akhirnya digugat untuk perdamaian.pertahanan Kuwait pada tahun 1991 dilakukan pasukan AS dan koalisihampir mengorbankan seluruh pasukan sadam belum sementara perangdifollow-up sebelas tahun kemudian (AS memimpin invasi ke Irak padatahun 2003) biaya dirinya baik.
Mungkinidenya terbaik meyakinkan dunia ia WMD dalam upaya untuk mencegahinvasi, sehingga mendorong penaklukan yang ia hindari. Terburuk, dialupa memberitahu jendral sendiri WMDs itu hanyalah bagian dariimajinasi , banyak kekhawatiran mereka karena mengandalkan pasukan ahliuntuk memperlambat pasukan Amerika di Baghdad.
Sesungguhnyadapat dikatakan bahwa tidak ada komandan militer Amerika pernahmemiliki sekutu yang lebih baik daripada dengan Orang Pemarah dariTikrit.
7. Jenderal George McClellan, Amerika Serikat
Sementaraada sejumlah jenderal buruk selama Perang Sipil Amerika-terutama disisi Union sayangnya-yang yang biasanya mendapatkan prestasi karenamenjadikan perang lebih lama berlangsung adalah Jenderal Union GeorgeMcClellan.
McClellanbukan Jendral terburuk di tentara Union itu mungkin milik orang-orangseperti Joe Hooker atau Ambrose Burnside-tapi ia adalah yang palinghati-hati, dalam perang hal itu bisa sama berbahayanya dengan terlaluberani.
Dalamperintah dari Union Army November, 1861 sampai ia diberhentikan olehLincoln setelah Pertempuran berdarah dan disimpulkan Antietam padabulan September, 1862, McClellan terkenal karena mengambil pendekatanlambat yang mengakibatkan penundaan berkesudahan dan kesempatanterlewatkan untuk mengatasi pemberontak yang berpotensi memperpendekperang.
Untukdicatat, beberapa penulis biografinya menulis bahwa McClellan ragu-raguuntuk berkomitmen dalam pertempuran karena kepedulian terhadapkehidupan anak buahnya tetapi peluang yang hilang secara potensialuntuk mengalahkan Tentara Konfederasi yang lebih kecil beberapa kalimungkin menjadi perang berlarut-larut selama bertahun-tahun,benar-benar mengakibatkan kerugian yang lebih besar , mengingat jikasaja dia dan pengalamannya lebih agresif dalam melakukan penyerangan.
penghinaanpribadi pria itu untuk Lincoln juga tidak bijaksana (ia pernah menolakuntuk menemui presiden ketika ia mengunjungi rumahnya di Washington,dia mengaku pergi ke tempat tidur dan tidak bisa diganggu), sedangkanambisi politiknya dia melawan Lincoln di tahun 1864 pada pemilu,membuat reputasinya sebagai Pimpinan tentara Union semakin terpuruk
6. Jenderal Robert Georges Nivelle, Perancis
DouglasHaig adalah Jenderal dari British Expeditionary Force di Perancisselama Perang Dunia Pertama (lihat no 5.), sedangkan Robert Nivelleadalah untuk Perancis.
Seorangperwira artileri Perancis yang mengambil komando Angkatan DaratPerancis pada bulan Desember 1916, ia langsung mulai melakukan hal yangberarti sangat sedikit, dan hanya duduk menonton anak buahnya danpasukan JErman saling membantai satu sama lain dalam skala yang takterbayangkan.
PadaPertempuran Verdun (21 Februari - 18 Desember 1916) Nivelle memimpinpergerakan tentara Perancis seperti babi melalui sebuah pabrik sosis,dan menjadikan setengah juta korban tewas dalam pertempuran sebelumsemuanya berakhir. Dan hal itu adalah akibat dari nasib buruk danperencanaan yang mentah dari “Nivelle Offensive” pada musim semi tahun1917 .
yangdirencanakan Menjanjikan kemenangan cepat dan akurat atas Jerman, padabulan April 1917 Nivelle mengirim lebih dari satu juta tentara Perancismelawan tentara Jerman yang jumlahnya separo dari psukan Perancis, tapimalah pasukan perancis dibantai.
Padasaat pemerintah Perancis akhirnya menarik mundur tentaranya tiga minggukemudian, lebih dari seperempat juta pasukan Perancis telah terbunuhatau terluka dan tentara berada di ambang pemberontakan .
Itudianggap satu-satunya cara untuk mencegah tentara Perancis lari darimedan peperangan dan mencegah kehancuran total pada tentara sekutunya,dengan menyerahkan kemenangan ke Jerman secara mutlak.
(Disisi lain,Jika Jerman menang di musim panas tahun 1917,tidak akan adaHitler dan tidak ada Perang Dunia Kedua dan sejarah akan mengambiljalur yang jauh berbeda ) Tidak seperti rekan Inggris-nya, Sir DouglasHaig, Nivelle tidak kembali pulang sebagai pahlawan tetapi iamenyelinap ke beberapa pos dalam ekuivalen Tentara perancis di Afrikayang dikirim ke Siberia-untuk menyelesaikan sedikit sisa dari kariernya.
Dia meninggal pada tahun 1924 dan dimakamkan dengan penuh kehormatan militer ... dan kemudian segera dilupakan.
5. Jenderal Sir Douglas Haig , Inggris
Komandanpasukan Inggris di Perancis selama kekalahan Pertempuran Somme tahun1916, Haig memiliki perbedaan dia menjadi komandan yang menyebabkankematian terbanyak pasukan Inggris dalam satu hari pada pagi haritanggal 1 Juli, 1916 ,60.000 pasukan-20% dari seluruh kekuatan Inggristerbunuh atau terluka, dalam serangan yang gagal untuk mendapatkansalah satu tujuannya.
Haig,yang selalu optimis Namun, tidak mempertimbangkan besarnya kerugiankorban yang ditimbulkan yang terburuk bahkan dia menulis di di sampinghari buku harian "... korban total ... tidak bisa dianggap beratmengingat jumlah pasukan yang terlibat, dan jalur panjang kedepan yangdiserang. "
Tentunya,jika di masa ini tulisannya tersebut akan mengakibatkan pemecatanlangsung dari para perwira yang tersinggung, tetapi berbeda saat itu.Bahkan, Haig akan terus mengawasi pasukan Inggris selama sisa perangdan bahkan dipromosikan Memimpin sebagai Marshall karena prestasinya.
Dibawah kepemimpinannya , sekitar 800.000 tentara Inggris pada akhirnyamati. Hebatnya, Haig pulang sebagai pahlawan setelah perang dan masihdianggap telah menjadi komandan militer yang kompeten sampai hari ini(kebanyakan oleh orang yang tidak pernah berperang di bawah komandonya,).
Meskipuntidak ada komandan di kedua pihak selama perang itu tampak gemilangkarena mengakibatkan banyaknya korban, apa yang membuat Haig menonjoladalah ketidakpeduliannya kepada pembantaian dan keengganan untukbelajar dari tamparan keras dari bencana yang diderita pasukannya.
4. George Armstrong Custer, Amerika Serikat
Custermungkin telah membuat figur pahlawan 1940's di era Barat, tetapi dalamkehidupan nyata ia adalah pemimpin militer yang seharusnya menjadipemimpin pejuang gurun.Kurangajar, cerdas, dan secara pribadi berani, melepas yang besar adalahketidakpeduliannya untuk kesejahteraan dan keselamatan para bawahanatau tentaranta.
(Sebagaisalah satu Jenderal termuda di Union Army selama Perang Saudara, unitkavaleri-nya memiliki tingkat korban tertinggi dari setiap di AngkatanDarat). Dia juga bersikap buas ketika berurusan dengan orang Indian, iaakan menyembelih mereka tanpa penyesalan.
kesembronoannyaakhirnya menjadikannya tertangkap, ketika ia memimpin Kavaleri ke-7yang terkenal itu mengalami bencana di Little Big Horn pada bulan Juni1876,ia kehilangan hampir seluruh komandannya dalam perjalanan beberapajam ketika dia menyerang sebuah perkemahan India dengan beberapa ribuprajurit Lakota di dalamnya, di Cheyenne Utara, dan Arapaho .
Entahbagaimana, ia menjadi legenda sebagai hasil dari bencana-terutamamelalui upaya tak kenal lelah dari istrinya, Libbie, yang kemudianberbicara atas namanya pada sisa hidupnya-dengan pepatah lama sehinggaorang Amerika cenderung untuk menghormati kekalahan mereka( sepertiLittle Big Horn, the Alamo, Pearl Harbor, 9/11) lebih dari kemenanganmereka.
Sementaradia dipuja sebagai martir oleh jutaan orang Amerika selama beberapagenerasi, Custer tidak bernasib baik dengan sejarawan akhir-akhir ini,yang telah datang untuk mengungkitnya demi untuk mencari publisitaspribadi, sebagai pembenci India, tukang jualan nyawa yang ambisius ,dan menumpulkan reputasinya secara umum.
Apakahdia layak dicemooh? Tanyakan saja pada salah satu dari 267 orang yangmeninggal bersama dia (belum lagi ratusan penduduk asli Amerika yangdia sembelih).
3. Douglas MacArthur Amerika Serikat
Mungkin dia Pahlawan bagi Amerika dari Teater Pasifik dan dalang Landings Inchon..TapiTidak jika Anda melihat catatan perangnya. Start with his incoherentstrategy to defend all of the Philippines that ended in the disastroussurrender at Bataan in April of 1942 (the largest mass surrender ofAmerican troops in US history).
DiMulaidengan strategi koheren untuk membela rakyat Filipina yang berakhirpada bencana saat pasukannya menyerah di Bataan pada bulan April tahun1942 (penyerahan massa terbesar tentara Amerika dalam sejarah AS).
Diikutidengan ego antagonis yang membuatnya sering tidak dapat bekerja denganAustralia membela New Guinea dan keputusan gila yang menyarankan untukmenyerang Peleliu (basis Jepang tidak memiliki nilai strategis langsungdengan 10.000 pasukan AS menjadi korban dan mengambil dua bulan untukmengendalikannya).
Kemudianada desakan bahwa Roosevelt menyerang Filipina-meskipun kepulauanfilipina tidak memiliki nilai cukup strategis sehingga ia bisa menepatijanjinya kepada orang-orang Pilipino bahwa ia "akan kembali"(seolah-olah mereka peduli).
Operasidi Teluk Leyte mengambil begitu banyak dalam hal aset militer yangmenjadikan Doug seorang diri membuat perang lebih panjang beberapabulan. Tapi bagaimana Korea, Anda bertanya? Bukankah dia dalang dibalik pendaratan Inchon yang memecahkan barisan belakang Tentara KoreaUtara dan kemenangan(hampir) bisa dipastikan di semenanjung itu?
Ya, tetapi mengingat Inchon dipertahankan oleh hanya sebuah garnisunkecil dari sisa pasukan Korea yang sedang terkunci dalam pertempurandengan pasukan PBB sekitar Pusan, yang berarti bahwa hanya komandanyang paling buruk yang akan gagal untuk mengambil alihnya.
Ituyang terjadi kemudian, bagaimanapun, dimana Doug menunjukkan sifatsejati; mengabaikan laporan intelijen bahwa satu juta pasukan Cina yangberkumpul di sepanjang perbatasan Korea siap untuk menyerang, tiba-tibadia menemukan dirinya dikuasai oleh Mao dan terpaksa mundur 38 derajat.
Hanyasaja kala itu dia dipimpin Truman (mungkin keputusan terbaik Trumansebagai Presiden) dan (penggantinya) Jenderal Ridgeway, rencanataktisnya membuat Korea luput dari menjadi antek soviet lain di masamendatang.
Oke,ia adalah seorang gubernur militer yang layak di Jepang setelah merekamenyerah dan terus Rusia keluar dari Jepang, tapi di luar itu, tidakbanyak yang dapat dikatakan baginya, baik sebagai seorang jenderal atauseseorang.
penilaian yang tidak adil?
Pertimbangkanbahwa dia berhasil melobi Kongres untuk membuat mereka memberikanpenghargaan kepadanya Medal of Honor untuk pertahanan tidak layaknyaFilipina pada tahun 1942.
2. Antonio Lopez de Santa Anna, Mexico
karakteryang berwarna-warni ini seharusnya tidak diletakkan pada seragamJendral Meksiko (atau seragam militer). Setiap kali dia lakukan, halburuk selalu terjadi pada tentara malang di bawah komandonya.
Ya,dia mengambil alih Alamo tahun 1836 (kehilangan dua kali lebih banyakpasukan daripada lawannya pasukan Texas),tapi ia kehilangan seluruhpasukan dan ditangkap di San Jacinto hanya beberapa minggu kemudiandalam Pertempuran yang berlangsung selama lima belas menit.
Masihpopuler di Meksiko (Santa Anna suka menganggap dirinya sebagai"Napoleon dari Barat"), setelah pengasingan singkat ia kembali ke rumahuntuk memerintahkan sekali lagi Angkatan Darat Meksiko yang bertugasmendorong kekuatan Perancis dengan personel kecil keluar dari Veracruz.
Diakalah dalam pertempuran, juga kaki, yang mengakibatkan orang-orangMeksiko terpaksa menyerah kepada Prancis, tetapi ia kembali kerumah-dengan kaki palsu prostetik dari gabus dibelakangnya-menjadikannuya lebih populer dari sebelumnya.
Setelahbertugas pendek sebagai diktator (dia melayani dalam kapasitas inibeberapa kali selama karir nya) ia sekali lagi menjabat sebagai kepalaAngkatan Darat Meksiko seperti yang berulang kali terjadi , iadikalahkan oleh pasukan Amerika selama Perang Meksiko-Amerika 1846.
(Selamaperang kaki palsunya direbut oleh pasukan Amerika dan dipamerkan.)Pulang ke rumah untuk Meksiko setelah bermasib naas sebagai ahlistrategi militer, Santa Anna sekali lagi mengambil alih pemerintah danmenghabiskan beberapa tahun berikutnya,sebelum rakyatnyag akhirnyabosan dan membuatnya melarikan diri ke pengasingan ke Kuba pada tahun1855.
JelasSanta Anna di mata orang-orang Meksiko adaalah seorang pria menjadibencana pada militer dan politik, namun ia tetap populer di mata jutaanorang Meksiko selama bertahun-tahun..
1. Adolf Hitler, Jerman
Banyak mungkin akan terkejut melihat der Fuehrer pada daftar pemimpin militer gagal, terutama karena ia bukan perwira militer.
Namun,ini adalah daftar tentang kegagalan pemimpin-yang tidak selalu menjadiperwira, mengingat perannya dalam memastikan kekalahan yang sudah lamaditunggu Jerman dalam Perang Dunia II-membuat dia berada paling ataspada daftar.Meskipunbenar bahwa Hitler tidak pernah memerintahkan tentara di lapangan,dalam tiga tahun terakhir dari perang ia semakin mengambil alih kontrolsehari-hari pasukannya, mengatakan jendral mana dan kapan untukmenyerang dan kemudian menolak untuk permintaan mereka untuk mundurketika kekalahan tak terelakkan.
Sementaraia meninggalkan rincian taktis saat mememerintahkan tentaranya, iamenetapkan tujuan strategis, mengawasi alokasi sumber daya, dan semuatapi mengemudikan tank pertama ke setiap pertempuran setelah 1943,memastikan bahwa tidak peduli seberapa baik Jerman bertempur, merekapasti akan kalah.
Selainitu, ini adalah perbedaan terbesar antara Hitler dan musuhnya, JosephStalin, Stalin tahu dia bukan seorang ahli strategi militer danmembiarkan Jenderalnya mengambil keputusan selama pertempuran.
Hitler,dengan asumsi waktunya yang dihabiskan di parit Perancis dalam PerangDunia I membuatnya menjadi ahli,tapi tidak pernah memperhitungkankerugiannya dan kerugian seluruh generasi german di masa-masa mendatan




sumber :http://terselubung.blogspot.com/2011/02/11-pimpinan-militer-paling-buruk-di.html

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive